Tepat tengah hari, Minggu, (18/8), iringan rombongan haji asal Magetan tiba di GOR Ki Mageti.

Mereka disambut ratusan keluarga dan kerabat yang telah menunggu sejak pagi. Haru dan syukur diluapkan jemaah haji dan keluarganya.

Rombongan haji asal Magetan merupakan kloter pertama Debarkasi Surabaya yang tiba di tanah air. Secara bertahap, rombongan pertama debarkasi Surabaya diangkut tiga penerbangan Saudi Airlines dengan pesawat Boeing 747.

Jemaah haji Magetan tiba pukul 03.49 WIB menggunakan Saudi Arabia Airline (SAA) SV 5618. Rombongan yang terdiri atas 444 orang jemaah dan 5 orang pendamping.

“Pada kloter satu, terdapat satu jamaah yang masih tertinggal di Saudi Arabia karena sakit stroke dan dirawat di Rumah Sakit An Noor Mekkah,” kata Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Jamal.

 

Kloter dua, gabungan dari Ngawi, Ponorogo, dan Surabaya tiba di Bandara Juanda pukul 05.35 WIB. Pada kloter ini terdapat 1 orang haji yang masih dirawat di KKHI Mekkah. Sarbini Soengeb, jemaah haji asal Kabupaten Ponorogo masih dirawat di Arab Saudi karena penyakit komplikasi, serta Amin Sutikno usia 76 tahun asal Ngawi yang wafat di di Arab Saudi karena penyakit stroke yang dideritanya.

Sementara kloter tiga asal Ponorogo mendarat pukul 09.05 WIB, terdapat dua orang haji yang wafat dan dimakamkan di Arab Saudi. Kedua orang tersebut Kemin Bin Tamangun dan Supiyah Ridwan Kartomangun.


 

youtube.com/PiscokPilems