Peristiwa

Abadikan Magetan melalui Foto, Mbah Sarkoem Diberi Penghargaan

Magetan – Mengabadikan Magetan lewat foto. Itulah yang dilakukan oleh Sarkoem Darmowinoto. Pria sepuh yang tinggal di Desa Ringinagung Kecamatan Magetan ini, sejak muda memang hobi fotografi.

Selain profesi utamanya sebagai kontraktor, Sarkoem mengabadikan pekerjaan dan landmark Magetan, melalui dunia fotografi arsitektur.

Sarkoem memilik ribuanĀ foto perkembangan proyek yang dikerjakan mulai dari nol hingga jadi. Bahasa kerennya foto before dan after. Tidak cuma itu, ia memiliki tiga kamera analog, yakni Ricoh XR-50, Canon, Yashica FX-3. Ketiga unit kamera tersebut terawat baik.

Bersamaan Hari Arsip Nasional 2022 yang diperingati pada Rabu (19/05/2022), Bupati Suprawoto mengunjungi kediaman Sarkoem di Desa Ringinagung. Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Suhardi.

“Mengabadikan Magetan melalui foto. Inilah yang dilakukan Bapak Sarkoem. Jadi, nilai arsip foto-foto karya beliau tersebut, amat tinggi dan nemiliki arti sangat penting. Beliau ini memotret bukti sejarah perjalanan Magetan,” ungkap Bupati Suprawoto pada media.

Kepada Sarkoem, orang pertama di lingkup Pemkab Magetan itu, menyerahkan piagam penghargaan atas jasanya. Sebab, Sarkoem telah melakukan penyelamatan dan penyerahan arsip 50 karya foto landmark atau bangunan lawas di Magetan pada medio antara tahun 1969-2004.

Dalam obrolan santai tersebut, Bupati Suprawoto mengungkapkan rasa bahagianya bisa bersua dengan Sarkoem.

“Arsip adalah bagian penting dari sejarah, foto yang masih disimpan baik tersebut seolah bercerita bagaimana Magetan dulu kala,” imbuh bupati. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment