Kembang Mekar

Berharap Seterang Mentari, Desa Garon Kembangkan Bunga Matahari

Magetan – Budidaya bunga matahari atau sun flower kini tengah dikembangkan di Desa Garon, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan.

Belum secara massal tapi dimulai dari lahan sewa tanah bengkok seluas 1.750 m2. Hal tersebut dilakukan oleh M. Firman Khaliq, warga RT 01/RW 01 Desa Garon. “Cita-cita saya sederhana menjadi inspirasi untuk konco-konco tani. Sekaligus mengangkat nama Garon,” ujar Khaliq.

Bermula percakapan grup WA RT, saat itu, ada informasi lelang tanah kas atau bengkok desa. Khaliq pun berminat. Namun, ia tidak tahu mau ditanami apa. “Misinya saya itu sewa lahan biar ketika ngobrol dengan warga RT atau di desa itu, saya tahu dan paham harga pupuk, biaya garap lahan dan lainnya,” ungkap dia.

Pucuk dicinta, Khaliq pun kenal dengan teman yang lebih dahulu menanam bunga matahari atau sun flower.

Modal bismillah. Pria berambut gondrong yang banyak putihnya ini, nekad menjalin kemitraan dengan PT Tri Jawara Tunas Agroindo, sebagaimana rekannya.

Ia membeli biji bibit. Disemai. Dan, beberapa hari kemudian ditanam di lahan bengkok yang disewanya. Khaliq menanam 4.000 bibit di lahan seluas sekitar 1.750 m2. “Sejauh ini pertumbuhannya bagus.”

Sun flower ini dipanen dalam kurun waktu 3,5 bulan. Jika ditanam dengan jarak 60 cm, maka bunga akan menghasilkan 200-300 gram biji kuwaci.

Namun, jika ditanam jarak 1 meter, bunga dengan diameter 40 cm lebih itu, menghasilkan 400-500 ons. “Uniknya, bunga matahari ini ketika masih muda bisa bergerak. Kalau pagi arahnya ke timur. Kalau sore mahkotanya ke arah barat,” ungkap Khaliq.

Untuk harga kemitraan, sekilo biji kuwaci diharga Rp16.000. Jika dibandingkan dengan padi, panenan sun flower jauh lebih menguntungkan. “Kalau bunga matahari panenan dari lahan sekotak seperempat itu sama dengan hasil panenan padi dua kali luas lahan yang sama.”

Ia bermimpi, bunga matahari ini menjadi ikon desanya. Cita-citanya, Khaliq bersama Bumdes akan membangun destinasi Garon Sun Flower Garden.

Bahkan, dalam Musrenbangdes Garon, niatan Khaliq ini gayung bersambut. Kelak, dalam angannya, Garon Sun Flower Garden ini menjadi destinasi wisata berupa tempat selfie dan resto. Juga penjualan bibit sekaligus budidaya bunga matahari.

“Semoga cita-cita ini kelak bisa terwujud. Dan Garon akan punya ikon bunga matahari,” mimpi Khaliq. (ant/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment