Peristiwa

Bunda Nanik Berpesan Dampingi Anak di Masa Awal Masuk Sekolah

Magetan – Ini tips dari Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti pada orang tua atau wali murid yang putra-putrinya memasuki sekolah. Terutama, PAUD, TK, SD dan SMP di Magetan yang mengawali tahun ajaran baru 2022/2023.

“Karena memasuki lingkungan baru, tentu anak-anak kita perlu adaptasi. Maka, dampingilah di masa-masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS),” imbau Wabup Nanik, Selasa (12/7/2022).

Di masa adaptasi ini, alangkah baiknya, orang tua atau wali murid mengantar putra- putrinya ke lokasi lingkungan yang baru tersebut. Khususnya di hari-hari pertama masuk sekolah.

“Tunggui dan dampingi anak dengan penuh kasih sayang di hari pertama masuk di lingkungan baru tersebut. Sambil anak bisa diberikan motivasi,” ujar wabup yang dulunya juga sebagai pengajar ini.

Lalu apa tips lainnya dari Wabup Nanik untuk orang tua? Anaknya menjadi siswa baru di sebuah sekolah perlu melakukan persiapan yang lebih dibanding saat anaknya naik kelas.

Menurut Wabup, pengalaman anak di hari pertama sekolah memang sangat penting. Pengalaman tersebut akan menentukan perasaan anak dalam menjalani sekolahnya di hari-hari kemudian.

“Untuk memupuk semangat dan rasa percaya diri anak menghadapi hari pertama sekolah, ajak mereka menyiapkan peralatan yang akan dibawa ke sekolah,” terang Wabup yang karib disapa Bunda Nanik itu.

Tips kedua, berikan bekal dengan menu makanan favorit anak. Itu juga akan membuat mereka bersemangat dalam menghadapi hari pertama masuk sekolah.

“Orang tua juga perlu memupuk rasa percaya diri dengan memberikan contoh berkenalan. Sebab, anak merupakan peniru yang baik,” ungkap dia.

Yang tak kalah penting, tutur Wabup, hingga saat ini, pandemi Covid-19 belum usai. Orang tua perlu selalu mengingatkan anak mengenai pentingnya protokol kesehatan. Sebagaimana anjuran pemerintah.

“Terakhir, ajak putra-putri kita berdiskusi setelah pulang dari sekolah. Kemudian, tanyakan pengalaman yang dilakukan anak kita di hari pertama sekolah. Terus, jangan lupa, berikan apresiasi terkait apa yang sudah dilakukan di sekolahnya.” (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment