Pendidikan & Kesehatan

Bupati Suprawoto Ajak Anak Muda Manfaatkan Pasar Online

Magetan – Di era digital saat ini, pasar di Indonesia bahkan dunia terbuka lebar. Hal inilah yang harus dipersiapkan generasi milenial.

Bupati Suprawoto mendorong anak muda untuk memanfaatkan pasar online. Meski pasar offline juga wajib diperhatikan untuk sebuah kepercayaan konsumen.

“Ketika era digital, semua otomatisasi, yang mahal adalah handmade. Karena dibuat dengan tangan,” papar Suprawoto, Jumat (23/12/2022).

Hal tersebut dikatakan Bupati Suprawoto saat memberikan kuliah umum di depan perwakilan mahasiswa Program Pendidikan D1, BPSDMI-Politeknik ATK Yogyakarta yang bekerjasama dengan Pemkab Magetan.

“Jadi toko online itu lebih menguntungkan. Misalnya, investasi tas wireless yang handmade itu yang membutuhkan orang sedunia. Akhirnya, orang antri belum tentu dapat, jadi belinya second,” imbuh bupati.

Menurut dia, generasi muda harus terbuka wawasannya. Jangan semua pengen jadi pegawai negeri. Tapi jadilah pengusaha. Sebab, jadi orang wirausaha itu luar biasa.

“Saya yakin keuletan, konsistensi dan kerja keras harus dimiliki oleh calon wirausaha. Anak-anak saya, gunakan kesempatan ini karena kesempatan ini sangat langka, silahkan ATK Jogja buka di sini. Karena menurut saya, SDM itu modal yg penting untuk masa depan dan sebuah daerah,” motivasi bupati.

Kuliah umum di ruang jamuan Pendapa Surya Graha Magetan tersebut dihadiri Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri Kementerian Perindustrian RI Restu Yuni Widayati, Direktur Poltek ATK Yogya Sugiyanto, Sekda Hergunadi, Kepala Dinas Dikpora Suwata, Kepala Dinas Perindag Sucipto dan OPD terkait lain.

Menurut Restu Yuni Widayati, dua faktor terbesar dalam pertumbuhan perekonomian negara adalah investasi, dan teknologi. Walaupun sempat kekhawatiran revolusi Industri 4.0 yang walaupun ada banyak pekerjaan yang hilang.

“Namun akan ada lowongan kerja, profesi yang juga banyak bermunculan. Misalnya tidak ada lapak, jadi semua sistemnya online. Jadi gak usah takut,” ungkap Restu Yuni. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment