Selasa, 25 Juni 2024

Dari Gebyar Pethil Sata, Tahun Untung Petani Tembakau Magetan

Sidorejo – Tahun 2023 menjadi tahun menguntungkan bagi para petani tembakau di Magetan. Hal itu disampaikan Bupati Magetan Suprawoto usai memanen tembakau bersama Forkopimda dalam acara Gebyar Tembakau Pethil Sata di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidorejo, Jum’at (21/7/2023).

Menurut bupati, harga tembakau tahun ini berbanding jauh dengan tahun covid-19 lalu. Untuk satu kilo tembakau basah bisa mencapai Rp 8 ribu dari sebelumnya hanya Rp 3 ribu. Sedangkan tembakau kering harganya bisa mencapai ratusan ribu per kilonya.

“Harga tembakau untuk tahun ini sangat bagus. Untuk tembakau kering per kilo bisa sampai 280 ribu rupiah. Ini harga yang paling bagus menurut para petani tembakau,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan, Andong Kuning merupakan jenis tembakau yang berkualitas bagus serta menjadi favorit yang dihasilkan para petani di Desa Sidomulyo. Dan, untuk harganya dinilai paling mahal untuk dijual.

“Kategori tembakau di Sidomulyo ini masuk tembakau pegunungan. Biasanya dikirim ke sentra atau tempat budidaya tembakau yang ada di Temanggung Jawa Tengah,” tambahnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Magetan, Uswatul Chasanah mengatakan, saat ini total lahan tembakau di Kabupaten Magetan berkisar 321 hektar yang tersebar di 5 Kecamatan.

“Untuk penghasil komoditas tembakau di Magetan saat ini ada di Kecamatan Sidorejo, Panekan, Plaosan dan Parang. Sedangkan untuk kecamatan Takeran saat ini sudah mulai mengembangkan tanaman tembakau,” paparnya.

Untuk luas lahan, lanjut Uswatul, cendereng menurun. Yang sebelumnya mencapai 800 hektar, kini tinggal 321 hektar lantaran banyak petani yang beralih ke tanaman sayur.

“Untuk luas lahan tembakau di Magetan luasnya menurun. Sedangkan untuk tahun 2022 dari total lahan 321 hektar yang tersisa, bisa memproduksi 616 kg/hektarnya atau dengan jumlah produksi 197,9 ton,” pungkasnya. (rud/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Pilkada Magetan, PAN Pastikan Jalan dengan Demokrat

Magetan – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Magetan memastikan...

Maju Pilkada Magetan, Nur Sodiq Sudah Daftar Cabup di Partai Gerindra

Magetan - Mohamad Nur Sodiq muncul sebagai wajah baru...

Direktur TWC Dikabarkan Maju Pilkada Magetan, Berikut Penjelasannya

Magetan – Setelah ada stagnasi perpolitikan pascapendaftaran cabup/cawabup, muncul...

Buka Komunikasi Politik, Kandidat Calon Bupati Magetan Nur Sodiq Temui Dua Ketua Partai

Magetan – Pelan-pelan, salah satu kandidat calon bupati Magetan...

Hari Raya Idul Adha, Nur Sodiq Pulkam, Kunjungi Pondok dan Berkurban

Magetan – Momentum Idul Adha 1445 H menjadi waktu...

Berita Terbaru

Jeneng, Jenang, dan Jaringan

DUA bulan lagi, pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil...

Pakai Anggaran Pusat, DPUPR Magetan Perbaiki Jalan Maospati-Bendo Mulai Juli

Magetan – Dinas PUPR Magetan akan memperbaiki jalan sepanjang...

Tepis Nyalon, Ketua AKD Magetan: AKD akan Ambil Peran untuk Sukseskan Pilkada 2024

Magetan – Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Magetan bertekad...

Popular Categories