Plaosan – Sejumah Pegawai PDAM Lawu Tirta Magetan, menanam rumput vetiver di kawasan sumber air di Ngwolo Desa Dadi Kecamatan Plaosan Magetan, pada Jumat (21/02/2020) pagi. Penanaman rumput yang biasa dikenal dengan akar wangi tersebut, dilakukan untuk mengantisipasi kejadian longsor.

Ini menjadi yang pertama di Magetan, yang menanam rumput yang dinilai paling efektif mengantisipasi bencana longsor. “Karena tanaman ini, bisa memiliki akar serabut hingga 6 meter,” kata Dirtek PDAM Lawu Tirta Magetan, Wiyono, Jumat (21/02/2020). Selain sangat efektif dan instan, bibit rumput ini juga sangat murah, sehingga setiap orang atau instansi bisa melakukannya.

Menurut Wiyono, bencana longsor yang sering terjadi di Magetan, juga berdampak pada pelayanan PDAM. “Kadang longsor membuat pipa putus, sehingga pelayanan PDAM terganggu. Kalaupun tidak langsung, longsor juga berdampak pada mata air,” tambahnya.

Menurutnya. ada kurang lebih seribu rumput vetiver yang ditanam di lokasi dekat jalur Ngerong tersebut. “Ini langkah awal, selanjutnya akan kita lakukan ke lokasi-lokasi lain, utamanya daerah sumber air yang rawan longsor,” ujarnya.

Rumput vetiver ini, menjadi andalan Presiden Joko Widodo, untuk mengantisipasi bencana longsor. Karena sudah terbukti ampuh. (tl/mk)

VIDEONYA KLIK DI SINI