Kawedanan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, mempunyai cara tersendiri melakukan penghijauan di gunung yang mengalami kebakaran. Petugas BPBD bersama TNI Polri, dan masyarakat melakukan penyebaran biji-bijian di Gunung Bancak, Kecamatan Kawedanan Magetan, pada Selasa (11/02/2020) siang.

“Ada kurang lebih 50 ribu biji-bijian yang kami sebar, seperti biji asam jawa, randu, mahoni, trembesi, beringin, dan lainnya,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Fery Yoga Saputra, Selasa (11/02/2020).

BPBD Sengaja memilih hutan di Gunung Bancak untuk dilakukan penghijauan, karena selama bertahun-tahun, hutan di gunung tersebut mengalami kebakaran. “Untuk menyebar biji-biji ini, kami lakukan secara manual, disebar, dan menggunakan ketapel,” tambahnya.

Penggunaan ketapel sebagai media penyebaran biji-bijian, karena medannya cukup sulit. Selain itu, dengan menggunakan media ketapel, biji-bijian akan menyebar lebih jauh. “Setiap anggota, relawan diwajibkan membawa ketapel sendiri, biji-bijian kami bersama juga yang siapkan” terang Fery.

Penyebaran biji-bijian di kawasan hutan Gunung Bancak, menyita waktu cukup lama, karena medan yang cukup sulit. “Jalannya setapak, dan juga naik, kami fokus menyebar biji-bijian di lokasi bekas kebakaran,” ujar Bella Pertiwi salah satu relawan BPBD Magetan, usai menyebar biji-bijian.

Penyebaran biji-bijian di Gunung Bancak diharapkan bisa menghijaukan kembali hutan yang sempat gundul akibat kebakaran saat musim kemarau kemarin. (tl/mk)

VIDEONYA KLIK DI SINI


 

MagetanKita TV