Parang - Imbas Cuaca Buruk Yang Terjadi Sejak Dua Pekan Ini di Kabupaten Magetan, Membuat Hektaran Tanaman Padi Rusak, Terserang Hama Sejenis Penggerek Batang.

Sejumlah petani padi pada dua kecamatan di kabupaten Magetan Jawa Timur, dipusingkan oleh hama penggerek batang yang menyerang tanaman padi mereka. Berbagia upaya sudah dilakukan mulai dari penyemprotan pestisida hingga usaha lainya. Serangan hama jenis ini terkenal sangat cepat, dalam semalam saja, bulai padi jelang panen ini mengering dan bulir tidak berisi.

Menurut Dian, salah satu petani di Desa Pragak Kecamatan Parang, tanaman padinya sebelumnya tidak apa apa, tiba tiba mengering pada bulainya. Seperti ada jamur hitam pada leher padi. “ Saya sudah melakukan penyemprotan setiap dua hari sekali untuk pencegahan, namun hama ini tetap menyerang dan sulit dikendalikan.'' Ujarnya.

Saat ini dirinya dan petani lain hanya bisa pasrah atas serangan hama ini. Terdapat puluhan hektar tanaman padi yang terserang hama penggerek batang,  di Kecamatan Parang dan Lembeyan. Meski serangan tidak pada semua jenis padi, rata rata padi yang diserang jenis tertentu seperti serang, varietas 64 dan sunggal.

Akibat serangan hama ini, petani mengaku merugi hingga puluhan juta rupiah, karena biaya garap pupuk dan perawatan yang mahal. Belum ada tindakan dari dinas terkait atas peristiwa ini. (ry/mk)


 
 

#BersatuLawanCorona

MagetanKita Podcast

MagetanKita TV