Magetan - Perbuatan panjang tangan seorang pemuda ini tak patut ditiru. Itu seperti yang dilakukan oleh pria berinisial AS, warga Jl. S. Parman RT/RW 01/02 Kelurahan Beran Kec/Kab. Ngawi.

Pemuda 23 tahun tersebut dipergoki warga "ngembat" kotak amal di Musala Al-Ihsan di Desa Purwodadi, Kec. Barat, Magetan. Aksi tersebut dilakukan usai salat Jumat (12/02/2021).

Pencurian kotak amal oleh pemuda AS itu dikonangi Sumarsono, salah seorang takmir sekira pukul 13.00 WIB.

''Saat itu, saya melihat ada sepeda motor di depan musala, saya kok curiga. Lalu, saya periksa ke dalam. Kecurigaan saya benar, ada seseorang yang tengah mengambil uang dari kotak amal di atas almari," ungkap Sumarsono pada media.

Mengetahui itu, Sumarsono bersama beberapa warga mengamankan pemuda asal Ngawi tersebut. Dia sempat diinterogasi oleh warga. Termasuk, cara membuka gembok kunci pada kotak amal.

''Dia (pelaku, red) ternyata menggunakan anak kunci palsu. Saat ditanya, dia mengaku sudah empat kali mengambil uang kotak amal di musala kami. Kira-kira ada kurang lebih lima ratus ribuan sama yang dicuri hari ini," ujar Sumarsono.

Pelaku lantas oleh warga diserahkan ke Mapolsek Barat untuk mempertangungjawabkan aksi panjang tangannya tersebut.

Sementara, Kapolsek Barat AKP Ruwajiyanto saat dikonfirmasi media membenarkan peristiwa pencurian di Desa Purwodadi itu.

''Pelaku sudah ditahan. Saat ini, dilakukan penyidikan dan pengembangan kasusnya. Apakah selain mencuri kotak amal di Musala Al-Ihsan juga melakukan pencurian di tempat lain," papar Kapolsek Barat. (ant/mk)