Magetan - Maling yang satu ini sungguh terlalu. Juga tak patut ditiru. Lantaran menggondol kotak amal masjid. Tidak tanggung-tanggung, kotak amal gede ukuran 1 m x 50 cm pun diembat.

Raibnya kotak amal masjid Al-Ichsan Desa Bungkuk, Kecamatan Parang, Magetan, ini kali pertama diketahui oleh marbot masjid. Saat itu, ia hendak bersih-bersih menjelang salat Ashar pada Sabtu (28/11/2020).

Menurut marbot masjid, Juair pada media pada Minggu (29/11/2020), sore itu, seperti biasa sebelum salat, ia bersih-bersih lebih dulu. Tetapi, dia merasa ada yang janggal karena biasanya kotak amal di serambi masjid ada. Namun sore itu kotak amal jumbo sudah raib.

Juair kaget melihat kotak amal tidak ada di serambi, padahal pada saat salat Dzuhur masih ada. "Kemudian, saya menyampaikan hilangnya kotak amal ini kepada takmir masjid,” ujar dia.

Setelah bermusyawarah dengan takmir masjid Al-Ichsan, ada informasi dari beberapa warga bahwa kotak amal masjid ditemukan di tempat sampah di Alastuwo Kecamatan Poncol.

“Tahunya ada yang memosting di medsos, katanya ada kotak amal ditemukan di tempat sampah di Alastuwo Poncol. Dan  itu kotak amal masjid Al-Ichsan. Saat ini sudah diamankan di polsek, ” imbuhnya soal heboh kotak amal segede gaban di Magetan.

Si marbot Juair juga mengaku tidak tahu pasti isi kotak amal. Yang jelas, isinya cukup banyak. Karena, pada Jumat pekan lalu tidak dibongkar. Kotak amal tersebut besarnya kayak buffet di rumah.

Diduga pencuri membawa mobil lantaran ukuran kotak amal cukup besar bila dibawa menggunakan sepeda motor.  

Pihak tajmir masjid Al-Ichsan menyayangkan peristiwa ini, lantaran maling menyasar tempat ibadah dan mencuri kotak amal. (ar/mk)