Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan ada sembilan Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif terinfeksi Virus Corona di Jepang.

"WNI yang kena dan dirawat pemerintah Jepang, ada sembilan orang itu," katanya.

Tak dirinci apakah lima WNI yang baru terjangkit virus asal China itu merupakan ABK kapal pesiar Diamond Princess atau bukan.

Ia hanya menyebut pemerintah hingga saat ini masih bernegosiasi dengan otoritas Jepang terkait kepulangan 74 ABK di kapal Diamond Princess yang negatif virus corona. Sebelumnya, disebut hanya empat orang Anak Buah Kapal (ABK) kapal pesiar Diamond Princess di Jepang dinyatakan positif Virus Corona.

"Ini terus bernegosiasi dengan pemerintah Jepang mengenai upaya, teknik, cara yang paling baik untuk bisa mengeluarkan mereka. Jadi ini nego terus. Kita nego tapi harus dengan caranya jangan semaunya sendiri. Kalau caranya semaunya sendiri saya membentuk episentrum baru. Enggak boleh," papar Terawan di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (12/2/20)

Terawan mengatakan cara yang tepat, melakukan pemindahan tanpa harus melakukan membuat episentrum baru. (BPMI Sekretariat Presiden)


 
 

#BersatuLawanCorona

MagetanKita Podcast

MagetanKita TV