Magetan - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Tjahjo Kumolo menyebut bahwa Mal Pelayanan Publik (MPP) Magetan adalah wujud nyata reformasi birokrasi.

Sebab, kata Tjahjo Kumolo, melalui MPP maka perizinan akan menjadi cepat, transparan dan tak ada penyelewengan. "Mal pelayanan publik ini adalah wujud komitmen dari Bupati Magetan. Sebab, menjadi kepala daerah adalah mendengarkan aspirasi masyarakat, mereka ingin dilayani. Maka jadikan MPP ini ada di tengah pasar. Dekat sekali dengan gerakan ekonomi masyarakat,” paparnya saat sambutan.

Menteri Tjahjo hadir di Magetan bersama Deputi bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB Diah Natalisa. Juga Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Men-PAN RB dan gubernur didampingi Bupati Magetan Suprawoto dan Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti.

Hadir pula ketua DPRD Magetan Sujatno dan jajaran Forkopimda Magetan. Wali Kota Madiun Maidi serta Bupati Madiun Ahmad Dawami RS juga menyaksikan Grand Launching MPP Magetan.

"Wujud MPP ini adalah salah satu bentuk reformasi birokrasi layanan yang akan terus berkembang dengan inovasi yang baik, sehingga mempercepat proses administrasi. Ini merupakan salah satu visi misi menyangkut reformasi birokrasi, konsolidasi dan kolaborasi," tutur Tjahjo Kumolo.

Gubernur Khofifah menyampaikan apresiasi pada Magetan. Sebab di Mall Pelayanan Publik ini ada Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Dispendukcapil Magetan.

"Magetan menginisiasi MPP yang memberikan ADM pertama di Jawa Timur. MPP Magetan mungkin malah pertama di Indonesia. Bisa menyiapkan ADM sampai keterangan kematian dan layanan yang bisa diakses di MPP," terang Khofifah.⁣

Selain ADM Dispendukcapil, di MPP Magetan terdapat 28 instansi. Baik dari Pemkab Magetan serta instansi vertikal yang bisa diakses layanannya di MPP. Total layanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat ada sebanyak 274 layanan.

Saat di MPP Magetan, Menteri Tjahjo Kumolo dan Bupati Suprawoto menjadi saksi pernikahan Febriana Setya Budi, warga Desa Kinandang, Kec. Bendo (Magetan) dan M. Budi Santoso, warga Kecamatan Pujon (Malang) yang menikah di tanggal 5 April 2021.⁣ Kedua mempelai ini menikah di Balai Nikah MPP Magetan.

Menteri, gubernur dan bupati juga mengunjungi stan pelayanan di MPP Magetan. "Terima kasih kepada Men-PAN RB dan gubernur yang sudah hadir di Magetan dan meresmikan Mall Pelayanan Publik ini," ujar Bupati Suprawoto.

Menurut bupati, layanan yang bisa diakses di MPP Magetan terdiri dari layanan administrasi kependudukan, layanan kesehatan, pajak, pelayanan pengajuan izin usaha hingga keimigrasian dan pensiun dari Taspen. Juga beberapa pelayanan lainnya. (ant/mk)