Magetan - Beberapa hari menjelang bulan Ramadan, harga komoditas daging ayam potong di pasar tradisional di Magetan, meroket naik. Kenaikan terjadi sejak awal bulan April 2021.

Hal itu ditengarai karena pasokan ayam potong sedikit lantaran sebelumnya harga DOC dan pakan yang ikut naik.

Menurut Sunarti, pedagang ayam potong di Pasar Sayur Magetan, kenaikan harga antara Rp 9.000 hingga Rp 10.000 per kilogramnya.

Sebulan yang lalu, harga ayam terendah Rp 26.000 per Kg. Harga dari hari terus naik, dan hari ini menembus Rp 36.000. "Atau naik Rp 10.000 perkilogramnya," ujar Sunarti pada media Kamis (8/4/2021).

Selain jelang ramadhan, lajutnya, kenaikan dipicu oleh harga DOC dan pakan pabrikan. Peternak memilih mengosongkan kandang mereka, akibatnya stok ayam menipis.

''Otomatis harga daging ayam naik, dan kemungkinan masih akan terus naik saat ramadhan dan lebaran nanti," terangnya.

Akibat naiknya daging ayam juga mempengaruhi jumlah penjualan di tingkat eceran. Sebab, konsumen memilih mengurangi jumlah pembelian. Pedagang yang biasa menghabiskan 150 ekor saat ini hanya bisa menjual 75 ekor per hari.

Akan tetapi, kenaikan harga daging ayam di Magetan tidak dikuti oleh harga daging sapi. Harga daging sapi tetap dan stabil Rp 120.000 per Kg. (ant/mk)