Magetan - Dua unit pelaksana teknis daerah (UPTD) kesehatan atau Puskesmas di Kec. Lembeyan dan Panekan bakal dikembangkan. Sehingga, masyarakat setempat akan mudah juga dekat dalam mengakses fasilitas kesehatan. Terlebih, di masa pandemi Covid-19 saat ini, yang kurvanya masih mengkhawatirkan. 

"Wilayah Lembeyan itu kan berbatasan dengan Ponorogo. Akses ke Magetan relatif jauh. Oleh sebab itu, kita (Pemkab Magetan) berupaya mengembangkan puskesmas di Lembeyan. Sehingga, masyarakat sekitar bisa mengakses fasilitas kesehatan dengan mudah," kata Bupati Suprawoto.

Bupati menegaskan hal tersebut saat meninjau lokasi rencana pengembangan puskesmas di Kec. Lembeyan. Turut mendampingi Sekda Hergunadi, Asisten 1 Venly Tomy Nicholas, Kepala Bappeda Elmy Kurnianto, Kepala Dinas PUPR Muhtar Wahid dan Forkopimca Lembeyan, Kamis (22/7/2021).

Selain itu, lanjutnya, RSUD dr Sayidiman Magetan dapat naik kelas dengan adanya pengembangan layanan kesehatan pada Puskesmas Lembeyan serta Lembeyan ini. Selain itu, pengembangan fasilitas kesehatan ini sebagai wujud layanan dasar terhadap masyarakat. 

"Pemkab mencari alternatif. Dan, Puskesmas Panekan serta Lembeyan dipilih. Kalau membangun rumah sakit kan mahal apalagi pandemi seperti sekarang ini. Jadi Puskesmas Lembeyan bisa tumbuh dan bisa diakses dengan mudah oleh mudah,” papar Suprawoto. (ant/mk)