Magetan - Asrama Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Surabaya di Magetan dijadikan pusat tempat isolasi mandiri (isoman). Tujuannya, agar kondisi kesehatan masyarakat yang terpapar Covid-19 tersebut bisa dipantau maksimal.

Pemkab, lanjut Bupati Suprawoto, segera mempersiapkan ruang isolasi mandiri di Poltekkes bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Sehingga, akan mempermudah pengawasan serta meminimalisasi angka kematian.

"Pemkab sedang tempat isolasi mandiri yang terpusat. Lokasinya di asrama Poltekkes Surabaya di barat RSUD dr. Sayidiman Magetan. Kami sudah berkoordinasi dengan Poltekkes Surabaya dan diperbolehkan untuk kami pinjam," kata bupati pada media Selasa, (27/07/2021).

Nantinya, asrama Poltekkes tersebut bisa menampung 75 sampai 100 pasien isoman. Selain itu, asrama sejak lama sudah tidak ditempati. Terhitung, sejak pandemi Covid-19 lantaran perkuliahan dilakukan online atau daring.

"Penyediaan ruang isoman terpusat ini sebagai antisipasi menghadapi lonjakan covid-19 gelombang kedua, terutama pasien OTG, yang biasanya isolasi di rumah. Dengan adanya isolasi terpusat ini mempermudah pengawasan dan perawatan," terang Suprawoto.

Menurut Hery Sumasto, dosen Poltekkes bahwa asrama tersebut sudah siap ditempati warga yang isoman. Namun, pihaknya berharap penyebaran dan penularan Covid-19 segera bisa terkendali serta wabah pandemi segera berakhir. (ant/mk)