Magetan - Sebanyak 304 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Magetan tiba di tanah air. Delapan di antaranya, terkonfirmasi positif Covid-19. 

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Pemkab Magetan, Gatot Sapto Pramono setelah menerima kedatangan 12 PMI, Kamis (29/07/2021) di Wisma Karantina GOR Ki Mageti di Jl. Yosonegoro, Magetan. "Dari 304 orang PMI yang kami jemput, dari hasil pemeriksaan, ada delapan yang positif Covid-19," terang Gatot pada media.

Menurut dia, tiga PMI asal Magetan yang positif Covid-19 tengah menjalani isolasi khusus di Wisma Bromo di Jl. Pahlawan Magetan. Sementara satu PMI lagi ada di Bangkalan. Kemudian, empat orang lain berada di RS Lapangan Surabaya.

"Semenjak pemberlakuan PPKM, pemeriksaan kesehatan pada PMI lebih ketat. Masa isolasi juga lebih lama. Kalau sebelumya lima hari isolasi, sekarang delapan hari. Rinciannya, lima hari isolasi di Asrama Haji Sukolilo Surabaya dan tiga hari isolasi di Magetan atau di kota asal,”  urai Gatot.

Delapan pekerja migran dari Magetan yang positif Covid-19 tersebut, memiliki riwayat bekerja di Malaysia (2 orang). Lalu Hongkong (2 orang) dan Singapura (4 orang).

Hingga saat ini, Satgas Kepulangan PMI Magetan telah memfasilitasi kepulangan "pahlawan devisa" asal Magetan sejak 23 April sampai 27 Juli 2021 sejumlah 305 orang.

"Yang sudah dijemput sebanyak 304 orang. Satu lagi masih tertunda karena hasil pemeriksaan kesehatannya belum keluar." (ant/mk)