Magetan - Bimbingan teknis (Bimtek) Pertanggung Jawaban Keuangan diberikan KONI Magetan terhadap Pengkab Cabang Olahraga (Cabor).

Bimtek di aula SMKN 1 Magetan itu menghadirkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Inspektorat, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) dan KP Pajak Pratama Ngawi. 

Menurut Ketua Umum KONI Dr Drs Bambang Trianto MM, bimtek bertujuan agar 27 Pengkab Cabor memiliki kesepahaman yang sama terkait dengan pertanggung jawaban keuangan dana hibah yang dikelola.

"Harapan kami, setelah bimtek ini, pertanggung jawaban keuangan pengkab cabor sesuai dengan pelaporan di pemkab, juga tidak ada masalah dan klir. Karena apa, setiap penggunaan dan penyerapan dana APBD wajib dipertanggung jawabkan," kata Bambang. Kamis (12/8/2021)

Bimtek digelar setelah mendapat rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19. Ini terkait penyelenggaraan yang wajib mematuhi protokol kesehatan. Pemeriksaan suhu badan, serta semua peserta bimtek wajib mengenakan masker dan jaga jarak. 

Selain ketua umum, dari KONI juga hadir Sekretaris Umum Joko Purnama, wakil Ketua I Saif Mukhlissun, wakil Ketua II Fadhy Malayudhawan, wakil Sekretaris Mohadi, Bendahara Sugianto dan wakil Bendahara Subroto. Termasuk pengurus yang membidangi pendidikan plus pelatihan.

"Dalam bimtek ini, yang hadir langsung adalah bendahara pengkab. Sedang ketua dan sekretaris pengkab, kami fasilitas melalui online," terang Bambang.

Perwakilan dari Pengkab ISSI, Risang mengatakan sebagai cabor baru, penyelenggaraan bimtek ini sangat diperlukan. Dia juga mengaku terbantu dengan adanya bimtek.

"Kami dari ISSI banyak mendapat gambaran dalam penyusunan SPJ. Juga kewajiban lain seperti pajak untuk pengeluaran dana pembinaan serta belanja sarpras," jelas Risang yang juga sekretaris Pengkab ISSI Magetan tersebut. *