Magetan - Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang sedang KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Ringinagung menanam sekitar 100 bibit cabai. Penanaman ini dilakukan Bersama warga, kepala dan perangkat Desa Ringinagung.

Penanaman bibit cabai ini bertujuan agar warga bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya. Penanaman ini merupakan bagian dari tiga program utama KKN mahasiswa UNS Angkatan 2018.

“Tema KKN kami, UNS Membangun Desa. Ada tiga hal yang kami lakukan di sini, yakni sosialiasasi Covid-19, pengembangan UMKM agar bisa melek digital, dan pengembangan bank sampah,” kata Ketua KKN mahasiswa jurusan HI, Afifah Amalia F., Rabu (18/8/2021).

KKN mahasiswa UNS ini akan berlangsung hingga bulan depan. “Secara resmi dibuka hari ini,” lanjutnya.

KKN mahasiswa UNS ini disambut baik oleh warga. Kepala Desa Ringinagung, Yuli Bagus Trisnawan berharap hasil dari KKN mahasiswa UNS bisa bermanfaat untuk mengangkat perekonomian warganya.

“Belum pernah ada mahasiswa KKN di sini. Padahal potensi Ringinagung sudah level nasional. Kami punya UMKM yang sebagian besar dari kerajinan anyaman bambu. Kami juga punya bank sampah yang menjadi percontohan. Semoga yang dilakukan mahasiswa UNS ini bisa mengangkat desa lebih maju,” jelasnya. (far/mk)