Magetan - Yang ditunggu-tunggu pelajar dan orang tua, akhirnya tiba. Ya, mulai hari ini, Rabu (18/8/2021) dilangsungkan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk semua jenjang baik SD, SMP dan SMA. Termasuk PAUD serta TK di Magetan.

Meski masih terbatas, mereka senang lantaran sudah hampir dua tahun akibat pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan dari rumah secara online atau daring.

"Senang pastinya. Kami rindu sekolah, guru juga rindu teman. Karena bagi kami, belajar tatap muka akan lebih mudah memahami materi pembelajaran. Semoga pandemi Covid-19 segera berlalu. Sehingga, bisa belajar tatap muka seterusnya," ujar Pamelia Permata Haselia, pelajar SMP Negeri 1 Parang pada media. 

Menurut Kepala SMP Negeri 1 Parang, Drs. Jaini, di sekolahnya menerapkan regulasi 33 persen dari jumlah siswa yang masuk. Selain itu siswa yang jadwalnya masuk, wajib diantar orang tua. Juga wajib mengenakan masker.

"Prokes ketat kami terapkan. Sebelum masuk kelas wajib cuci tangan, melalui pemeriksaan suhu tubuh, dan tidak berkerumun," kata Jaini kepada media.

Pada PTM hari pertama ini di seluruh jenjang wajib menerapkan prokes Covid-19 secara ketat. Termasuk, kapasitas kuota siswa belajar 33 persen atau 1/3 dari jumlah siswa. Dengan pengaturan kelas 9 masuk 2 hari kelas 8 masuk 2 hari dan kelas 7 masuk dua hari, durasi waktunya 4 jam tanpa istirahat. 

"Untuk pelaksanaan PTM, tidak ada kendala. Sarana dan prasarana prokes seperti tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu, pengaturan jarak tempat duduk ruang kelas sebelumnya sudah ada dan diterapkan pada ujian kenaikan kelas bulan lalu," ungkap Jaini. (ant/mk