Magetan - Presiden RI Joko Widodo memberikan apresiasi kepada tim Flypast "Garuda Flight" dan Nusantara Flight. Tim tersebut yang membawa bendera Merah Putih raksasa. Itu dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 2021 di Istana Merdeka.

Apresiasi dan ucapan terima kasih Presiden Jokowi itu dengan mengajak tim flypast F-16 Fighting Falcon beserta tim Nusantara Flight melaksanakan foto bersama di main Apron Lanud Iswahjudi. Itu dilakukan presiden ketika kunjungan kerja di Madiun, Kamis (19/8/2821).

Tidak hanya foto bersama, presiden juga berkesempatan berdialog dengan para penerbang sesaat setelah kegiatan sesi foto bersama selesai dilaksanakan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Presiden atas apresiasi dan kesempatannya. Ini adalah kebanggaan kami sebagai prajurit TNI AU. Karena bisa turut serta dan ambil bagian di HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia," kata flight leader Garuda Flight Letkol Pnb Agus Dwi Ariyanto, yang sehari-harinya menjabat sebagai Danskadron Udara 3 Lanud Iswahjudi.

Saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 2021 di Istana Merdeka tersebut, tim Flypast menggunakan delapan pesawat F-16 Fighting Falcon. 

Sedang tim Nusantara Flight yang membawa bendera Merah-Putih raksasa dengan enam pesawat helikopter. Bertindak sebagai flight leader team Nusantara Flight dibawah pimpinan, Letkol Pnb Akhmad M. Mulyono.

Adapun ukuran bendera raksasa berukuran 20 x 30 m. Itu diterbangkan oleh pesawat helikopter TNI AU. Dan itu merupakan kali pertama dalam sejarah peringatn HUT Kemerdekaan Republik Indonesia