Magetan - Dana Rp500 juta dianggarkan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Ketahan Pangan (TPHPKP) Pemkab Magetan dalam APBD 2021. Anggaran sebesar itu, untuk pengadaan peralatan paket video conference untuk 18 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di wilayah kecamatan se-Magetan.

Menurut Kepala Dinas TPHPKP Uswatul Kasanah, peralatan teknologi informasi  tersebut sebelumnya tidak ada. Karena itulah, dilakukan pengadaan sarana keinformasian melalui LPSE dengan nilai HPS Rp508.000.000.

Dan, pemenang lelang adalah CV dari Semarang dengan nilai tawar Rp461.000.000. "Pengadaan alat komunikasi ini kegunaannya menurut kami cukup vital. Sebab, di masa pandemi Covid-19, banyak kegiatan, koordinasi maupun penyampaian program yang dilakukan secara online," ujar Uswatul Kasanah pada media, Jumat (20/8/2021).
 
Sarana prasarana informasi tersebut, lanjut Uswatul, berupa peralatan elektronik video conference, sound system, televisi dan UPS. Untuk sumber pendanaanya dari dana  alokasi khusus (DAK).

Ia menekankan, dengan peralatan tersebut,  penyampaian informasi dari Dinas TPHPKP bisa dengan cepat diakses penyuluh pertanian yang kemudian untuk disampaikan pada kelompok tani binaan maupun masyarakat luas.  

"Kedepannya, nanti informasi dari pemerintah pusat langsung kepada BPP. Tidak harus melalui dinas dan kemudian baru diteruskan BPP baru ke petani yang selama ini terjadi." terangnya. (ant/mk)