Magetan - Mahasiswa UNS yang KKN di Desa Ringinagung Magetan, menggandeng Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan untuk mengadakan pelatihan UMKM.

Acara ini berlangsung pada Kamis, (26/8/2021) pukul 09.00 di balai Desa Ringinagung. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Ringinagung, ketua bank sampah, ketua bumdes, dan 18 perwakilan UMKM seperti roti golang-galing, anyaman bambu, jaring, kerajinan kulit dan kerupuk kulit.  Peserta pelatihan juga membawa produknya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan, Yuni Fadlilatin mengatakan Desa Ringinagung merupakan desa di Magetan dengan jumlah UMKM yang banyak.

“Potensinya bagus. Berikutnya, harus giat berinovasi terutama dalam keadaaan pandemi seperti ini,” katanya.

Yuni berharap UMKM di Ringinagung memanfaatkan fasilitas yang diberikan. “Kami akan menginformasikan semua kebutuhan yng diperlukan UMKM,” lanjutnya.

Ketua Kelompok KKN UNS di Desa Ringinagung, Afifah Amalia mengatakan kegiatan pelatihan ini merupakan program utama KKN di Desa Ringinagung, yakni pemberdayaan UMKM di masa pandemi.

Sebelumnya, sudah ada program kerja seperti pengajaran pembuatan akun Shopee dan Instagram untuk penjualan online. Lalu, teknik foto dan desain untuk digital promotion.

“Kami juga mengajarkan cara meningkatkan packaging agar produk lebih menarik pembeli. Tujuannya, agar pengusaha UMKM yang ada di Ringinagung ini melek digital dan bisa memasarkan produknya secara online, karena banyak UMKM yang mengeluhkan menurunnya pesanan akibat pandemic,” katanya. (far/mk)