Magetan - Satu lagi tokoh asal Magetan yang meninggal dunia. Dia adalah H. Hartoto, ketua DPC Partai Demokrat. 

Pria yang di masa mudanya adalah pembalap motor cross itu, menghadap Yang Maha Kuasa pada Senin (30/8/2021). 

Informasinya, Hartoto meninggal usai olahraga bersepeda.

Bagi Pangayoman, anggota DPRD Magetan dari Partai Demokrat, sosok Hartoto adalah orang suka dengan yang namanya tantangan. Hartoto juga teman yang baik saat bersamanya di lembaga dewan.

"Yang saya salut lagi adalah puasa Daud-nya. Sehingga, membuat beliau jadi lebih religi, lebih arif dan lebih bijaksana," ujar Pangayoman, yang juga wakil Ketua DPRD Magetan ini.

Anggota DPRD Prov. Jawa Timur, Diana Amaliyah Verawatiningsih, juga merasa kehilangan. Karena, hubungan yang sudah seperti keluarga. "Setiap lebaran saya berkunjung. Beliau juga selalu men-suport saya dalam pergerakan saya," ujar Diana Sasa, sapaan karibnya.

Menurut dia, sosok Hartoto adalah teman berdiskusi yang menyenangkan. Ia salut dengan caranya mendidik putra-putrinya dengan sangat baik. Sehingga, menjadi anak-anak yang santun, soleh, dan berprestasi. "Keluarga saya berhutang budi banyak pada beliau. Kelahiran putra pertama saya bahkan dibantu beliau," katanya. 

Meskipun berbeda partai, tapi dirinya dan Hartoto dipersatukan dalam persahabatan oleh Eddy Rumpoko, mantan walikota Batu. "Sehingga, dalam politik kami tetap bisa saling menghormati walau kerap berseberangan." (ant/mk)