Magetan - Ketua Fraksi Partai Nasdem Magetan,Gaguk Arif Sujatmiko,berharap Pemerintah Kabupaten Magetan peduli dengan keberadaan anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal  akibat Covid-19.

Dari data jumlah kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Magetan sebanyak 937 jiwa. Sedangkan jumlah anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19 belum didapat data yang pasti. Hal ini sangat disayangkan oleh Gaguk Arif Sujatmiko. Pemkab Magetan segera bergerak cepat melakukan pendataan agar segera diketahui secara pasti jumlahnya.

"Fraksi Nasdem berharap Pemkab segera mendata dan melakukan pendampingan  agar setiap anak yatim piatu segera mendapatkan hak pengasuhan dan  pendidikan yang layak," kata Gaguk.

Pendampingan psikologi dan motivasi diperlukan sebagai upaya agar anak-anak tersebut tidak trauma dan bisa menjalani kehidupan lebih baik.

Menurut legislator Partai Nasdem ini, yang dilakukan Pemkab Magetan ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah daerah dan harus mendapat dukungan dari seluruh elemen pemerhati anak.

Agar tepat sasaran Gaguk  menyarankan agar langkah tersebut melibatkan orang-orang yang berkaitan dengan anak yatim atau piatu seperti saudara dari almarhum ayah atau ibu agar menjadi program terpadu.

"Dengan begitu pola pengasuhan bisa berbasis panti atau bersama keluarga dengan pengawasan dan pendampingan yang baik," saran Gaguk.

Gaguk berharap program pendampingan ini bisa berlanjut hingga sang anak mencapai usia dewasa atau sudah dapat mandiri. "Bantuan yang diberikan harus diarahkan betul-betul untuk kepentingan pendidikan dan kehidupan anak tersebut," pungkas Gaguk. (far/mk)