Magetan - Antusiasme masyarakat menuju "Magetan Herd Immunity" cukup luar biasa. Ini terbukti dengan pelaksanaan vaksinasi serentak yang digelar Kodim 0804/Magetan yang didukung oleh Kodam V/Brawijaya.

Bekerjasama dengan Pemkab Magetan, Dinas Kesehatan Jawa Timur serta instansi vertikal lainnya, vaksinasi serentak digelar di GOR Ki Mageti dan 22 Puskesmas se-Magetan, pada Minggu (12/9/2021). 

Sebanyak 20.000 dosis vaksin diberikan kepada warga masyarakat ber-KTP Magetan, yang diprioritaskan untuk masyarakat usia 50 tahun ke atas (lansia). Vaksinasi digelar serentak dengan mengerahkan 16 tim vaksinator dari Faskes TNI, Polri, Dinkes, RSUD dan Faskes lainnya. 

Pelaksanaan vaksinasi serentak ditinjau langsung oleh Plt Kadinkes Jatim dr. Kohar Hari Santoso, Kakesdam V/Brawijaya, Bupati Suprawoto beserta Forkopimda. 

Peninjauan dilaksanakan di beberapa titik lokasi, yaitu Kelurahan Tawanganom, GOR Ki Mageti, dan Puskesmas Sukomoro. 

Bupati Suprawoto menyampaikan bahwa antusiasme masyarakat harus dimaknai positif. Pelaksanaan sudah dibagi sedemikian rupa untuk kuota dan jam pelaksanaan, dengan pembagian vaksinasi di GOR dan 22 Puskesmas.

"Saya mohon maaf jika banyak sekali warga yang antusias untuk ikut vaksinasi, kita harus memaknai antusiasme ini secara positif. Mari kita ikut melindungi masyarakat yang ingin sehat. Kita juga harus menghargai perjuangan nakes yang telah melayani masyarakat" tutur Bupati Suprawoto. 

Masyarakat Magetan 20 persen penduduknya lansia, sehingga perlu segera dilaksanakan vaksinasi. Kedepan juga akan digelar vaksinasi pada santri pondok.

Untuk vaksinasi door to door dilakukan untuk masyarakat yang tidak bisa datang langsung seperti ODGJ, dan juga disediakan gerai keliling. "Mudah-mudahan dengan vaksinasi serentak ini segera memenuhi target 70 persen dari jumlah penduduk." (ant/mk)