Magetan - Momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila, digunakan Pemerintah Desa (Pemdes) Soco, Kec. Bendo, Magetan untuk me-launching brand "Bang Jos". Itu merupakan akronim dari Bangga Jadi Orang Soco.

Bang Jos akan menjadi rumah besar segala kegiatan di Desa Soco, yang dipimpin oleh Kepala Desa Didik Hariyono tersebut. "Saat ini sudah kami rintis UMKM, seperti makan ringan, minuman tradisional, batik, dan kaos. Kami ciptakan brand Bang Jos agar mudah diingat warga dan khalayak luas," ujar Didik di pendapa Monumen Soco.

Di hadapan Bupati Supraworo, Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti, Ketua DPRD Sujatno, Sekda Hergundi dan jajaran Forkopimda. Juga pejabat Pemkab Magetan.

Dengan brand "Bang Jos", kepala desa yang mantan wartawan ini mengatakan, sumber perekonomian masyarakat di Desa Soco dan BUMDES akan menggeliat. "Desa harus menjadi kekuatan ekonomi," terang Didik.

Dia menambahkan, dengan memanfaatkan potensi desa, seperti kelompok ibu-ibu (PKK). Mereka difasilitasi dalam membuat makanan ringan dan minuman herbal. Sedangkan karang tarunanya mereka membuat kaos. ‘’Kelak kalau ada wisatawan yang datang, mereka bisa membawa oleh-oleh khas desa Soco,’’ ungkap dia.

Didik menyampaikan Pemdes Soco berharap dukungan penuh dari Pemkab Magetan. Terutama, terobosan dalam membangun perekonomian Desa Soco.
Rencananya, tahun 2022 mendatang, Pemdes Soco akan melakukan grand opening "Desa Eduwisata."

Bupati Suprawoto mengapresiasi apa yang diinisiasi Kades Soco Didik Hariyono. Ini bisa jadi contoh bahwa kades muda mampu membawa desanya lebih menggeliat.

"Saya mengapreasiasi yang dilakukan Kades Soco. Saya melihat di Soco ini ada geliat positif. Hal ini tentu bagus. Seperti UMKM-nya bergerak, anak mudanya bikin suvenir. Juga desanya membangun sejumlah fasilitas wisata. Dan sudah pasti BUMDES-nya juga tambah maju," terang bupati.

Desa Soco adalah wilayah yang dikenal dengan Monumen Soco. Namun, di tangan Didik Hariyono, saat ini, terus berbenah. Seperti membangun taman bacaan, taman tabulampot, kolam renang, lapangan futsal, dan lapangan voli. (ant/mk)