Magetan – Sekitar 250 peserta dari berbagai daerah di Jawa ambil bagian dalam kontes kelinci, Rabbit Show III, yang diadakan di Desa Sumberdodol Magetan, Sabtu (2/10/2021).

Ada beberapa jenis kelinci yang bisa mengikuti kontes, yakni jenis RD ada FD, HL, NZ dan REC. Untuk kelinci jenis REC yang yang dinilai bobot, kehalusan bulu, mata, kuku, telinga, hingga kesehatannya.

Kontes kelinci ini digelar untuk membangkitkan kembali semangat peternak kelinci setelah diterjang pandemi Covid-19.

"Ini upaya kami untuk membangkitkan kembali peternak yang sempat terpuruk karena pandemi. Upaya ini disambut antusias. Awalnya, kami batasi 200 peserta, namun bertambah jadi 250 peserta,” kata Ketua Panitia Magetan Rabbit Show III, Hari Cahyono.

Selain untuk membangkitkan semangat para peternak kelinci karena jumlahnya terus berkurang, kontes juga dalam upaya pelestarian, pemurnian agar perekonomian kembali terangkat.

"Harga kelinci kontes diketahui sangat tinggi sehingga akan meningkatkan taraf hidup peternak. Satu ekor kelinci kontes berkisar satu setenngah Juta hingga delapan Juta,” jelasnya.

Kontes Kelinci yang digelar kali ketiga ini menghadirkan juri nasional. "Kualitas kontes sangat baik, sehingga juri harus kerja keras untuk menilai. Karena perbedaan gab satu dengan yang lain, sangat tipis," kata salah satu juri dari Jakarta, Muhammad Iqbal Harras.

Kelinci mana yang paling cantik? Yuk datang ke Desa Sumberdodol, kontes berlangsung hingga Minggu (3/30/2021). (far/mk)