Magetan - Pemandangan lusuh terpampang di jembatan Kali Gandong 1. Gara-garanya, terdapat paranet compang-camping yang terpasang di sisi utara jembatan. Dari Alun-alun Magetan, sebelah kanan jalan.

Tak urung, kondisi tersebut jadi rasan-rasan masyarakat yang melintas di jembatan Kali Gandong 1.

"Ini jelas-jelas merusak pemandangan. Apalagi, kondisinya lusuh. Bikin sepet mata," ujar Gulam, pedagang di Pasar Baru Magetan yang setiap hari lewat jembatan Kali Gandong 1 pada media, Senin (4/10/2021).

Gulam pun berharap pada Pemkab Magetan agar paranet diganti bagus. Atau dihilangkan. Sebab, kondisinya sudah tak lagi layak. Lebih-lebih, saat ini, menjelang Hari Jadi ke-346 Kabupaten Magetan.

Paranet yang kini compang-camping itu sebennarnya bertujuan baik. Yakni, untuk pencegahan dini jika ada masyarakat yang hendak terjun ke Kali Gandong 1. 

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Pemkab Magetan, Sudiro mengatakan, pemasangan paranet di jembatan Kali Gandong 1 itu, maksudnya sebagai pelindung atau pembatas jika ada masyarakat yang akan melompat dari atas jembatan.

"Di sekitar jembatan Kali Gandong 1 ini kelak akan dilakukan penataan. Masih menunggu PAK APBD tahun ini. Kemudian, ornamen-ornamen yang ada sekarang ini juga diganti, trotoarnya juga," kata Sudiro.

 

Di jembatan Kali Gandong 1 ini, dulu ditanami Taman Vertikal. Kemudian dipasangi hiasan lampu. Juga dipagari besi sebagai pelindung. (ant/mk)