Magetan - Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang berinisiatif melaksanakan kegiatan pelatihan bagi guru PAUD. Tujuannya, untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD tentang pendampingan bagi orang tua yang menemani anaknya belajar dari rumah.

“Keluarga, lembaga sekolah, dan lingkungan sekitar merupakan tri pusat pendidikan yang menjadi tokoh penting bagi pendidikan anak, sehingga kerjasama ketiganya menjadi satu hal yang utama bagi perkembangan pendidikan ke depannya," kata Ketua Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang, R. Anggia Listyaningrum.

Anggia menjelaskan, pandemi Covid-19 yang telah dua tahun mengubah dunia pendidikan. Dari yang tadinya, belajar tatap muka berlaih ke belajar di rumah. Karena itu, perlu juga mengubah mindset orang tua tentang pendidikan. "Dari yang awalnya pasrah pada lembaga pendidikan, orang tua sekarang harus ikut andil dalam pendidikan anaknya. Di sini letak pentingnya kompetensi guru untuk mengetahui pendampingan terhadap orang tua yang menemani anak belajar di rumah," ungkapnya.

Pelatihan dilaksanakan Sabtu (2/10/2021) bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan As-Salam, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan. Pelatihan diikuti guru PAUD di lingkungan Kecamatan Bendo. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari IGTKI Kecamatan Bendo, Himpaudi Kecamatan Bendo, dan Himpaudi Kabupaten Magetan. 

"Kegiatan berjalan lancar dan peserta sangat antusias," kata Anggia.

Pelaksanaan pelatihan tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 ini dengan mewajibkan peserta menggunakan masker. (far/mk)