Magetan - Selama empat hari, Senin-Kamis (18-21/10/2021), sebanyak 2.987 peserta mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang digelar Panselda Magetan. Ujian tersebut digelar di GOR Ki Mageti. 

Rinciannya, peserta CASN sebanyak 2.249, seleksi PPPK Non Guru 290. Dan, ada 448 peserta yang mengikuti tes dari luar Magetan di BKN Kanreg II Jatim.

Wakil Bupati Magetan Hj. Nanik Endang Rusminiarti saat memotivasi peserta tes SKD CASN dan PPPK Non Guru, mengatakan, teknis ujian atau tes dirancang secara sistematis dan otomatis. Tidak bisa contek sana contek sini atau menggunakan teknologi informasi.

"Saya mohon kerjasama untuk peserta seleksi agar menjaga seleksi berjalan dengan baik dan fair. Jangan sampai ada yang melakukan kecurangan karena sanksi nya berat yaitu diskualifikasi. Kerjakan soal dengan benar dan teliti, karena semua tergantung upaya masing-masing" tutur Bunda Nanik. 

Teknis pelaksanaan ujian SKD di GOR Ki Mageti dibagi menjadi tiga sesi per hari. Di mana setiap sesi terdiri dari 250 peserta. Sehingga setiap hari total ada 750 peserta. Untuk CPNS dilaksanakan selama 3 hari, sedangkan PPPK Non Guru hanya 1 hari.

Dimulai dari 18-21 Oktober 2021. Setelah tahapan SKD selesai akan dilanjutkan dengan seleksi SKB. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BKD Magetan, Masruri. Pelaksanaan SKD CASN dan PPPK Non Guru ini digelar dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. (ant/mk)