Magetan - Inilah harapan Ketua PGRI Magetan, Sundarto bersamaan Hari Guru Nasional 2021 dan HUT ke-76 PGRI. Ia berharap agar guru di Magetan selalu menjadi lentera dan tauladan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

"Harapan saya sederhana karena guru adalah teladan. Pada momen ini, guru selalu menjadi lentera dalam setiap sendi kehidupan," kata Sundarto, Kamis (25/11/2021).

Selebihnya, Sundarto juga berpesan agar para "Oemar Bakri" di kabupaten di lereng timur Gunung Lawu ini, berupaya untuk terus belajar dan mengembangkan diri menyesuaikan kebutuhan dan perkembangan zaman dalam mengajar dan mendidik.

"Sebab, mau tidak mau, suka tidak suka, era sekarang ini sudah berada di era digital. Maka guru harus mengikuti perkembangan teknologi," harap dia.

Sundarto juga meminta agar guru serius mempersiapkan dan membekali peserta didik untuk menjadi generasi penerus perjuangan dan cita-cita pendiri bangsa.

Dalam era digital guru harus memposisikan agen teknologi yang mampu menanamkan nilai-nilai positif yang diperlukan dan hal-hal yang harus dihindari dampak teknologi.

Pada era gadget ini, pondasi yang harus diberikan kepada anak didik adalah dengan memperkuat pendidikan agama dan memasukkan penanaman pendidikan moral serta pendidikan karakter pada setiap materi ajar.

"Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, guru harus mengambil peran penerus informasi pemerintah dalam upaya penanggulangan Covid-19. Dan guru mampu menjadi garda terdepan terhadap sosialisasi pentingnya prokes." (ant/mk)