Magetan - Orang tua dan anak usia 6-12 tahun di Magetan, antusias mengikuti program vaksinasi. Ini bisa dilihat di SD Negeri Banyudono 1, Kecamatan Ngariboyo.

"Alhamdulillah, di SD kami, 99 persen orang tua setuju anaknya divaksin. Bentuk dukungan orang tua ini dengan melakukan pendampingan terhadap anak saat divaksinasi," ujar Kepala SD Negeri Banyudono 1, Sri Hastuti pada media Kamis (6/1/2022).

Sebelum pelaksanaan vaksinasi, menurut Sri Hartini, lembaga sekolah mengirimkan surat permohonan persetujuan kepada orang tua. "Sebab, orang tua yang paham riwayat kesehatan si anak," kata dia.

Per tanggal 5 Januari 2022, capaian program vaksinasi di Magetan tergolong baik. Untuk vaksinasi anak, tercapai 38,25 persen dari sasaran 53 ribu anak. Sedang untuk kategori lansia tercapai 70 persen dari sasaran.

Program vaksinasi bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh terhadap virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19. Selain itu, untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Dan, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh. (ant/mk)