Magetan - Keroncong Gunung di Genilangit, Kec. Poncol, menjadi penanda gong dimulainya Calender of Event (CeO) Magetan 2022. Keroncong Gunung ini akan menjadi "brand" sekaligus sebagai embrio di tahun depan untuk pagelaran yang lebih besar.

"Harapannya, dengan banyak event yang terjadwal maka perekonomian Magetan bisa bangkit dan tumbuh," ujar Kepala Disparbud, Joko Trihono, Kamis malam (13/01/2022).

Rilis Disparbud, setidaknya, ada 174 event yang tersebar di 18 kecamatan. Belum lagi even yang digelar OPD dan sederet komunitas. Di antaranya, terdapat event Onthel Budaya, parade surya, Ke Sarangan Yuk, Summer Camp, Tradisi Galungan dan dua event olahraga (Festival Paralayang serta Livoli).

Hadir dalam CeO di Genilangit, Bupati Suprawoto, Wabup Nanik Endang Rusminiarti dan Sekda Hergunadi serta sejumlah OPD.

Menurut bupati, sebenarnya, di tahun 2019, Pemkab Magetan sudah menyiapkan calender of event. Tapi, di 2020 ada "badai" Covid-19.

"Dengan event, kami mengajak masyarakat untuk menyongsong kebangkitan ekonomi. Sehingga, ekonomi semakin terpuruk. Imbauan kami meski pandemi Covid-19 belum berakhir, masyarakat harus patuh dengan protokol kesehatan," ujar Bupati Magetan Suprawoto. (ant/mk)