Magetan - Meski Magetan termasuk kategori daerah yang bisa melaksanakan vaksinasi ke-3, tapi hingga kini belum tersedia vaksin booster.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan, dr. Rohmat Hidayat pada media, sejatinya Magetan siap melaksanakan vaksinasi booster. Sebab, sudah memenuhi persyaratan.

Salah satunya, capaian vaksinasi dosis pertama lebih dari 70 persen dan lansia lebih dari 60 persen. Untuk itulah, dalam waktu dekat, Pemkab Magetan, bakal melakukan kick off vaksinasi booster. "Semoga vaksin bosster segera," ungkap Rohmat.

Vaksin booster akan diberikan kepada masyarakat yang berusia lebih dari 18 tahun keatas, lanjutnya, yang telah mendapat dua dosis vaksin lengkap serta jarak minimal lebih dari dari 6 bulan. Namun, prioritas vaksi tetap untuk lansia dan imonokompremas atau lansia yang punya penyakit immonologi.

Ada 29 kota/kabupaten di Jawa Timur yang bisa melaksanakan vaksinasi booster. Yakni, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Blitar, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Gresik, dan Jombang.

Juga Kediri, Lamongan, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk. Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Probolinggo, Sidoarjo, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Kota Kediri, Kota Madiun, Malang, Pasuruan serta Kota Probolinggo. (ant/mk)