Magetan - Apa yang dilakukan Pondok Pesantren (PP)  Roudlotul Huda, Desa Kedungpanji, Kecamatan Lembeyan, Magetan, ini layak ditiru.

Pondok pimpinan KH. Suryani Maulana Chusain itu, ikut berjuang melawan penyebaran virus Covid-19. Caranya dengan memproduksi masker kain yang nanti akan dibagikan kepada warga sekitar pondok.

"Di yayasan pondok kan  memiliki SMK jurusan tata busana. Juga ada Badan Usaha Konveksi Roda Khumaira yang memproduksi seragam sekolah dan baju pesanan. Sekarang kami untuk sementara memproduksi masker kain," terang M. Abu Tholhah, Koordinator Pembuatan Masker PP Roudlotul Huda, Senin (6/4/2020).

SMK di PP Roudlotul Huda ini ada sedikitnya 20 tenaga dan siap 10 unit mesin jahit untuk memproduksi masker kain. Tenaga produksi itu dari siswa SMK sekaligus santri.

Menurut Abu Tholhah, apa yang dilakukan ini adalah bentuk ikhtiar untuk ikut berjuang melawan penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut juga sudah diridloi oleh pimpinan dan pengasuh PP Roudlotul Huda. "Alhamdulillah, pimpinan dan pengasuh pondok sangat mendukung langkah kami untuk berikhtiar dengan meluasnya wabah Corona saat ini."

Abu Tholhah mengatakan, penggunaan masker ketika di luar rumah itu amat penting untuk menjaga kesehatan.

"Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami itu. Padahal, pemakaian masker itu penting untuk menjaga penularan virus Corona melalui bersin dan lainnya," katanya.

Selain itu, Abu Tholhah juga berharap langkah PP Roudlotul Huda memproduksi masker kain tersebut juga diikuti lembaga atau perseorangan lainnya di Magetan.

"Mohon dukungan juga doanya. Bila ada bantuan kain atau mungkin relawan yang mau membantu kami, silahkan datang ke pondok. Insya Allah, dengan gotong royong dan bahu membahu kita bisa ikut berperan melawan virus Corona." (ar/mk)