Magetan - Kapan ikon wisata Magetan, Telaga Sarangan, dibuka kembali? Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), rencananya, hari Senin lusa (20/7/2020) akan membuka kawasan tersebut, pasca-salah satu warganya ada yang terpapar Covid-19.

"Senin (20/7/2020), rencananya aktivitas pariwisata di Sarangan kami buka," ujar kepala Disparbud, Venly Tommy Nicholas, pada wartawan, Jumat (17/7/2020).

Penutupan dilakukan untuk jajaran Dinas Kesehatan, Gugus Tugas Covid-19 dan Forkopimca Plaosan melakukan tracing pada warga yang kontak erat dengan pasien positif Corona asal Sarangan tersebut.

"Hasil tracingnya, 11 anggota keluarga setelah di-rapid test, dinyatakan negatif. Kemudian, hasil tes Swab dari 9 orang lainnya belum keluar. Tapi, yang sembilan orang ini sudah melakukan isolasi mandiri," terang Venly.

Rencananya, kata Venly, lokasi dari pasien Covid-19 itu akan dilokalisir kawasan. Sehingga, penyebaran bisa diminimalisasikan. "Rumah pasien Covid ini jauh dari titik keramaian Telaga Sarangan," jelas dia.

Venly menambahkan pihaknya akan memberlakukan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan lebih ketat. Pihaknya juga sudah mendapat rekomendasi dari Gugus Tugas terkait pembukaan Telaga Sarangan. (ar/mk)