Magetan - Dewan Kesenian Jatim (DKJT) melakukan road show di Magetan. Itu dilakukan selama dua hari, mulai 25-26 Juli 2020.

Dalam road show tersebut, salah satunya, diisi dengan kegiatan ziarah dan tabur bunga ke makam Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo di Jl Salak Magetan.

Ia merupakan putra asli Magetan dan menjabat Gubernur Jatim yang pertama. Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo juga seorang pahlawan nasional.

Salah seorang Presidium DKJT, Taufik Hidayat, salah satu presidium DKJT, merasa terharu bisa ziarah ke makam gubernur pertama Jawa Timur, yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Magetan itu.

"Beliau ini pahlawan nasional, salah satu tokoh kunci peristiwa 10 November. Di depan corong radio waktu itu, Gubernur Suryo berpidato membakar semangat arek-arek Surabaya melawan pasukan Inggris," ujar Taufif yang akrab disapa Monyong itu.

Kegiatan DKJT ziarah di makam Gubernur Suryo mendapat apresiasi dari salah satu perwakilan ahli waris Gubernur Suryo, Muries Subiyantoro.

"Kehadiran teman-teman seniman Jawa Timur untuk nguri-nguri sejarah eyang kami merupakan kebanggaan tersendiri bagi ahli waris eyang Suryo. Semoga banyak masyarakat di Indonesia, khususnya Jawa Timur bisa mengenal lebih dekat sejarah Eyang Suryo," harap Muries.

Salah seorang koordinator Festival Suryo, Soni Bara yang ikut mendampingi rombongan DKJT berharap bila di Blitar ada makam Bung Karno, di Jombang ada makam Gus Dur yang ramai dikunjungi penziarah.

"Maka di Magetan semoga makam Gubernur Suryo bisa menjadi salah satu wisata religi sejarah," tambah Soni Bara.

Rombongan road show DKJT ini juga sempat menginap Dukuh Wonomulyo, Kec. Poncol, Magetan pada Sabtu malam. Di dukuh wisata itu digelar sarasehan dan menyaksikan kesenian Tongling. (ar/mk)