Maospati - Meninggalnya seorang mantri kesehatan di Desa Bogorejo, Kec. Barat, Magetan, akibat positif Covid-19 membuat sejumlah warga berbondong-bondong memeriksakan diri ke Puskesmas Maospati.

Seperti hari ini, Rabu (29/7/2020), tercatat ada empat warga yang menjalani tes swab untuk memastikan apakah tertular Corona atau tidak. Keempat warga tersebut sadar karena telah kontak erat dengan mantri kesehatan asal Bogorejo berinisial Syd, 62 tahun, yang meninggal karena positif Covid-19.

Mantri kesehatan tersebut, sehari-hari melayani cukup banyak warga yang berobat. Lalu, pada hari Rabu ini di Puskesmas Maospati, ada tiga warga yang berkontak erat lantaran memeriksakan diri pada sang mantri. Dan seorang warga yang waktu itu hanya mengantar ibunya ke mantri.

"Saya mengantar si mbah suntik ke pak mantri. Terus pak mantrinya meninggal kena Corona. Kemudian, saya dan si mbah mendapat panggilan untuk tes swab di Puskesmas Maospati," ujar Kadiono, warga Bogorejo yang hari ini menjalani tes swab di Puskesmas Maospati.

Tidak hanya itu, pemerintah Desa Bogorejo, lanjut Kadiono, juga sudah memberikan woro-woro. Yang intinya, siapa saja warganya yang periksa di mantri kesehatan harus dicek kesehatan di Puskesmas Maospati.

"Pengambilan swab hari ini (Rabu), adalah lanjutan setelah kemarin swab di SDN Sempol. Yang kami periksa hari ini adalah warga yang berobat pada mantri kesehatan," kata dr Pritiani, dokter di Puskesmas Maospati.

Pasca tes swab, warga diminta isolasi mandiri di rumah sambil menunggu hasil tes yang diperkirakan keluar dalam waktu tiga hingga empat hari mendatang. (ar/mk)