Magetan - Warga Desa Sumbersawit, Kecamatan Sidorejo, Magetan, menemukan gua di antara rerimbunan bambu. Penemuan gua batu tersebut berawal dari rusaknya tanaman oleh hewan jenis landak.

Kemudian, warga beramai-ramai mencari sarang landak. Ternyata hewan pengerat itu tinggal di gua batu. Kemudian, masyarakat membersihkan lokasi gua karena dianggap bagus.

Gua tidak seperti biasanya lantaran tidak ada struktur stalagtit dan stalagmit-nya. Stalagmit terbentuk dari kumpulan kalsit yang berasal dari air yang menetes. Stalagmit ditemukan di lantai gua, biasanya langsung ditemukan di bawah stalaktit.

Gua Landak ini tersusun dari batuan besar yang dijumpai di Gunung Lawu. "Awal mulanya gua ditemukan setelah petani di daerah sini mencari sarang landak," ujar Suwarno, warga Sumbersawit, salah seorang penemu gua.

Kabar penemuan Gua Landak tersebut segera menyebar. Tak pelak, banyak masyarakat yang datang untuk menyaksikan atau sekadar selfie.

"Ini tadi ke sini. Katanya ditemukan gua. Sempat masuk tapi tidak sampai ke dalam karena gelap," terang Sri Kuntari, pengunjung Gua Landak.

Saat ini, di lokasi Gua Landak tengah dibersihkan masyarakat sekitar dari semak belukar. Rencananya, gua ini akan dijadikan destinasi wisata Desa Sumbersawit oleh pemerintah desa setempat. (ar/mk)