Magetan - Kabar kurang baik tentang Covid-19 harus dikabarkan kepada masyarakat Magetan. Harapannya, warga semakin waspada. Termasuk, mematuhi protokol kesehatan di era new normal pandemi Corona.

Hari Selasa (15/9/2020), ada tambahan lima warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Berikut data kelima warga tersebut :

1. Pasien ke-309, inisial Suw, 45 tahun, warga salah satu desa di Kec. Kawedanan. Pasien merupakan kontak erat pasien ke-285.
2. Pasien ke-310, inisial Wag, 45 tahun, warga salah satu desa di Kec. Plaosan. Pasien merupakan kontak erat pasien ke-275.
3. Pasien ke-311, inisial EW, 22 tahun, warga salah satu desa di Kec. Lembeyan. Pasien melakukan perawatan dengan cara isolasi mandiri.
4. Pasien ke-312, inisial Spr, 60 tahun, warga salah satu desa di Kec. Ngariboyo, status awal pasien adalah suspect di salah satu rumah sakit di Kab. Madiun.
5. Pasien ke-313, inisial Sun, 48 tahun, warga salah satu desa di Kec. Takeran. Status awal pasien adalah suspect di salah satu rumah sakit di Kota Madiun.

Dengan terkonfirmasinya lima warga Magetan hari ini, maka terdapat 313 orang yang terkonfirmasi, 223 orang sembuh, 15 orang meninggal, dan 75 orang dalam pemantauan.

"Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Jawa Timur, Magetan menempati peringat ke-30 dari wilayah di Jawa Timur dengan tingkat pemulihan kasus sebanyak 71,25 persen dan tingkat kematian kasus sebanyak 4,79 persen," ujar juru bicara Gugus Tugas, Saif Muchlissun.

Penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, setiap harinya terus bertambah. Berbagai upaya baik himbauan maupun tindakan sudah dilakukan pemerintah. Tetapi, semua itu kembali ke pribadi masing-masing.

"Bagaimanakah kepedulian kita menyikapi masalah ini. Kepedulian masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan khususnya merupakan poin yang sangat penting," terang Saif. (ar/mk)