Magetan - Satu unit alat uji usap Covid-19 diterima Pemkab Magetan. Alat dengan metode reaksi berantai (polymerase chain reaction/PCR) itu bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Saat ini, kami tengah mempersiapkan tempat atau fasilitas khusus PCR bantuan BNPB di RSUD dr Sayidiman," ujar Bupati Suprawoto kepada magetankita.com, Rabu (16/9/2020).

Alat uji PCR dari BNPB ini adalah donasi dari Pemerintah Korea Selatan kepada Pemerintah Indonesia. Dan, Magetan merupakan salah satu kabupaten yang menerima bantuan alat uji PCR tersebut.

"Fasilitas yang dibangun di RSUD dr Sayidiman ini ada standar khusus dan seizin Kementerian Kesehatan. Kita sedang menyiapkan itu," kata peraih Doktor Administrasi Publik dari Universitas Brawijaya Malang tersebut.

Bupati mengapresiasi bantuan alat PCR dari pemerintah pusat. Ia berharap alat itu akan bisa mempercepat dalam mendeteksi penyebaran Covid-19 di Magetan.

Dengan adanya alat uji PCR tersebut, maka Gugus Tugas di Magetan tak perlu menunggu lama hasil tes swab Covid-19. Jika sebelumnya hasil tes harus dikirim ke Surabaya dan menunggu beberapa hari untuk tahu hasilnya.

"Nanti cukup di Magetan. Dan sehari bisa diketahui hasil tes swabnya," terang bupati. (ar/mk)