Peristiwa

Ini Warning Magetan Center Terkait Pelaksanaan PPDB

Magetan – Menjelang penerimaan peserta didik baru atau PPDB tahun ajaran 2022/2023, LSM Magetan Center memberi warning pada pemangku kebijakan dan lembaga sekolah negeri.

Koordinator LSM Magetan Center Benny Ardi mem-warning agar sekolah negeri, baik itu di lingkup Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur maupun Kementerian Agama, untuk menjauhkan praktik dugaan “jual beli” bangku.

Baik itu untuk PPDB tingkat TK, SD, SMP, SMA Negeri dan sederajat. “Kami akan melakukan monitoring. Termasuk, kami juga berharap Dewan Pendidikan Magetan memaksimalkan kewenangan dalam PPDB tahun ini,” kata Benny Senin (23/05/2022).

Selain itu, Benny juga berharap agar sumbangan atau bantuan dana pendukung pembangunan dan kegiatan sekolah, dipungut yang sewajarnya. Jangan sampai memberatkan orang tua atau wali murid.

Biasanya sumbangan pendidikan dikelola oleh komite sekolah. Kemudian, masalah seragam siswa yang ditangani oleh koperasi sekolah diharapkan tidak menetapkan harga di luar batas kewajaran di pasaran.

“Jangan sampai ada anak yang secara akademis mampu tapi tidak bisa sekolah. Karena, terganjal oleh sumbangan pendidikan,” terang Benny.

Di luar itu, LSM Magetan Center membuka layanan pengaduan bagi masyarakat terkait dengan PPDB tahun ajaran 2022/2023.

PPDB Magetan, khususnya di lingkup Dikpora Magetan diatur Perbup No. 16 tahun 2022. PPDB ini ada yang lewat jalur online maupun offline. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment