Kembang Mekar

Inspiratif, Cah Parang Ini Dapat Beasiswa Kuliah di Kanada

Magetan – Apa yang dicapai remaja asal Desa Bungkuk, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan ini, menginspirasi generasi milenial. Sebab, ia mendapatkan beasiswa kuliah S1 di University of British Columbia (UBC) Kanada.

Nama gadis cantik itu adalah Putri Wahyu Kusumaningtyas. Alumni SMPN 1 Magetan tersebut, bersiap menuju Kanada, bulan Agustus 2022 nanti. Ia, saat ini, tengah mempersiapkan diri menjemput impian kuliah di kampus idaman.

“Saya ingin membuat platform di media sosial. Platform untuk berbagi pengetahuan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan masalah lingkungan,” kata Putri, Sabtu (11/6/2022).

Di UBC Kanada, anak pertama dari pasangan Kukuh Widodo dan Yuyun Wahyuningsih ini, berencana mengambil studi ilmu lingkungan.

Kelak, sepulang dari Kanada, Putri bercita-cita akan berkarir di bidang manajemen. “Ingin mengabdikan diri di bidang kebijakan dan hukum lingkungan,” aku gadis kelahiran tahun 2004.

Perjalanan lulusan MI Al-Jariyah Bungkuk ini, dimulai dari Olimpiade Sains Nasional (OSN). Walaupun tidak juara, tapi menjadi salah satu finalis olimpiade.

Putri mewakili sekolahnya, MAN 2 Ponorogo. Dari situlah, dirinya mendapat undangan beasiswa Indonesia Maju. Penghobi novel fiksi tersebut lantas ikut seleksi dan beragam tes. Ia pun lolos.

“Semua biaya selama masa perkuliahan akan ditanggung Indonesia Maju. Mulai dari biaya hidup, tunjangan kesehatan, biaya buku dan penelitian hingga biaya kedatangan semua ditanggung,” tutur remaja yang ngefans sama Zhafira Aqyla, si content creator yang akan kuliah S2 di Harvard University itu.

Di madrasah aliyah itu, Putri berada di ranking ke-26 dari 300 siswa kelas XII. Namun, penyuka film animasi dari Ghibli Studio Jepang ini, memang ulet. Ia satu-satunya yang lolos kuliah ke luar negeri.

Kepada remaja di Magetan, Putri berpesan agar menjaga semangat. Karenanya, kalau memperjuangkan sesuatu tidak setengah-setengah.

“Kalaupun belum berhasil, at least, bukan karena kita nggak usaha. Dan, satu lagi yang penting, jangan lupa berdoa,” ungkap gadis yang bermimpi jadi menteri tersebut. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment