Peristiwa

Luar Biasa! Ekonomi Bergerak dari Yos Sudarso

Magetan – Luar biasa! Kegiatan Magetan Car Free Day di sepanjang jalan Yos Sudarso, Minggu pagi (6/2/2022) disambut baik warga Magetan. Ribuan warga menikmati jalan tanpa kendaraan dengan jalan kaki.

“Wah, senang sekali. Ini saya mau cari sarapan sambil bawa putu jalan,” kata warga Selosari, Hariyadi.

Ekonomi bergerak di kawasan Yos Sudarso. Mulai dari lingkungan sekitar. Karang taruna dan RT memanfaatkan jalan lingkungannya untuk parkir. Misalnya di RT 1-3/RW 1 Sukowinangun, tak kurang dari 20 mobil dan puluhan kendaraan roda dua.

“Kami bersyukur sekali, ini bisa jadi pemasukan RT melalui karang taruna,” kata salah satu warga jalan Yudistiro, Gianto.

Di jalan lain yang menjadi pintu ke Kawasan Yos Sudarso juga setali tiga uang. Tambahan pemasukan bagi lingkungan karena jadi tempat parkir.

Tak kurang dari 200 pedagang juga menjajakan jualannya. Mulai dari makanan ringan, hingga makanan berat untuk sarapan. Mulai dari kopi hingga es cincau. Mulai dari mainan anak-anak sampai busana.

“Habis dalam 3 jam, Mas,” kata Yanto, Penjual Lontong Balap dan Tahu Campur yang biasa berjualan di jalan Bangka dan Bali.

Pemkab menggelar Car Free Day untuk membangkitkan ekonomi masyarakat.

“Kegiatan ini memang kita maksudkan untuk membangkitkan ekonomi rakyat, setelah dua tahun kita didera pandemi,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Welly Kristanto yang ditemui di lokasi.

Welly menambahkan jika dari evaluasi hasilnya positif, lokasi Car Free Day bisa ditambah atau pindah-pindah agar ekonomi bergerak merata.

Saran dari warga soal pelaksanaan Magetan Car Free day ini, hanya kurang menempatkan petugas yang terus bergerak untuk mengingatkan warga yang tak bermasker. (far/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment