Pemilu 2024

Lucu, Nama Gus Wakhid Dicatut Jadi Pengurus Partai Baru

Magetan – Muncul sejumlah kelucuan dalam verifikasi partai politik (parpol) oleh KPU Magetan. Terdapat data ganda eksternal dalam Sistem Informasi Parpol (Sipol) KPU.

Bahkan, secara mengejutkan nama Ketua Dewan Syura DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) setempat, Nur Wakhid, dicatut oleh Partai Republik, parpol baru.

“Terus terang, saya terkejut. Begitu menerima info pencatutan tersebut. Saya hanya bisa geleng-geleng kepala?” ujar Nur Wakhid, penuh tanya, Kamis (25/8/2022).

Kemudian, Gus Wakhid, sapaannya, meminta kepada liaison officer (LO) DPC PKB untuk melakukan klarifikasi pada KPU Magetan. “Pencatutan itu jelas tidak benar. Wong saya itu salah satu inisiator berdirinya PKB di Magetan,” terang dia.

Sepengetahuan Wakil Ketua DPRD Magetan dari Fraksi PKB ini, nama KTP dirinya dari Dispendukcapil adalah Nur Wakhid. Namun, di Partai Republik namanya adalah Nur Wahid tanpa huruf K.

Tetapi, nomor induk kependudukan atau NIK sama persis. “Kok isa-isane. Dapat dari mana ya kira-kira partai yang mencatut itu. Naiflah kalau saya pindah partai?” kata dia penuh tanya.

Namun, Gus Wakhid mahfum dengan kondisi tersebut. Sebab, ternyata, ia tidak sendirian. Ada salah satu komisioner KPU Magetan yang juga namanya tercatat sebagai anggota parpol. Data ganda tersebut juga muncul dalam Sipol KPU.

“Mungkin banyak data ganda di partai lain. Jadi kami berharap KPU Magetan jeli dalam hal ini,” harap Gus Wakhid. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment