Peristiwa

Magetan Raih Tiga Penghargaan Nirwasita Tantra 2021

Magetan – Dinilai responsif dan inovatif terhadap isu-isu lingkungan, Kabupaten Magetan diganjar penghargaan Nirwasita Tantra 2021. Award ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada pemimpin daerah yang telah menjadi ujung tombak dalam upaya pemulihan dan pengelolaan lingkungan.

“Kelestarian alam dan persoalan lingkungan hidup adalah tanggung jawab kita bersama. Kita harus menjaga dan memperhatikan lingkungan demi anak cucu kita kelak,” ujar bupati dalam suatu kesempatan pada magetankita.com.

Magetan mendapat tiga Penghargaan Nirwasita Tantra 2021:

1. Bupati Magetan, menerima Terbaik III untuk Kepala Daerah Tingkat Kabupaten Kategori Kabupaten Sedang
2. DPRD Magetan, menerima Terbaik III untuk DPRD Tingkat Kabupaten Kategori Kabupaten Sedang
3. Pemkab Magetan, menerima Terbaik III untuk Pemerintahan Daerah Kategori Kabupaten Sedang.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong kepada Bupati Suprawoto dan Wakil Ketua DPRD dr Pangajoman di auditorium Dr. Ir. Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Rabu (20/07).

Penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2021” itu, diberikan pada kepala daerah atas kepemimpinan dan pemahamannya terhadap isu lingkungan. Juga respon kebijakan kepala daerah dalam menjawab persoalan lingkungan hidup. Ternasuk, inovasi yang dilakukan sebagai upaya penyelesaian permasalahan lingkungan hidup.

Penghargaan Nirwasita Tantra merupakan program unggulan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Sementara, Green Leadership merupakan konsep kepemimpinan yang berwawasan lingkungan, proaktif, inisiatif dan kreatif terhadap kepentingan orang banyak dan alam semesta.

“Pemimpin harus memiliki visi untuk mencapai keseimbangan antara daya topang ekologi, sistem sosial dan pembangunan ekonomi.”

Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan mampu mendorong, mendukung kebijakan, dan langkah aksi dalam mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan sehat bagi masyarakat Magetan dan Indonesia. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment