Breaking news:

Cara Norman Membangun Tinju Magetan

Magetan – Ini sore terakhir Farhan Ananta Talli berlatih di Sasana Redam Boxing Camp, sebelum bertanding di Surabaya Boxing Open Competition 2024, 1-3 Maret...

KPU Magetan: Rekapitulasi Selesai, Diterima dan Tidak Ada Catatan

Magetan - Banyaknya keluhan serta kekecewaan para saksi partai politik terkait regulasi rekapitulasi ditanggapi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Magetan. Ketua KPU Magetan, Fahrudin menjelaskan,...

Rekapitulasi KPU Magetan Selesai, Saksi Menerima, tapi Banyak yang...

Magetan - Tahapan rekapitulasi manual Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan, dinyatakan selesai Rabu malam (28/2/2024). Untuk hasilnya, para saksi partai politik kabupaten menerima...

Mengenal Dinas PUPR Kabupaten Magetan (1)

Magetan – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Magetan. Berada di Jl. Hasanudin No. 19 Magetan, Dinas yang dipimpin oleh Muhtar Wahid, S.ST., MT, mempunyai tugas penting penyediaan infrastruktur di Kabupaten Magetan, seperti jalan, jembatan, embung, tata kota, dan lainnya.

“Untuk menunjang tugas pokok kami, di Dinas PUPR, ada lima bidang, mulai bidang tata ruang, bidang jasa konstruksi, bidang sumber daya air, bidang cipta karya dan bidang bina marga,” kata Kepala Dinas PUPR Magetan, Muhtar Wahid, kepada magetankita.com, Rabu (29/12/2021).

Bidang Tata Ruang, menyiapkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Perbub dan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR). “Perda RTRW sedang kita revisi dan RDTR yang sedang kita susun,” tambahnya.

Ke depan, pelaksanaan izin harus sesuai dengan RTRW atau RDTR untuk mendukung investasi yang saat ini melalui OSS (Online Single Submission).

Sementara Bidang Jasa Konstruksi, menyiapkan tenaga yang sudah bersertifikasi. “Di Tahun 2021 ini, sudah ada tambahan 211 tenaga konstruksi yang sudah bersertifikasi, ke depan akan terus ditambah,” terangnya.

Bidang Sumber Daya Air (SDA) lebih fokus pada penyediaan air bagi pertanian, atau kebutuhan air minum. Seperti pembangunan embung, irigasi, atau sumur.

Untuk Bidang Cipta Karya, Muhtar menyebut, mengerjakan infrastruktur di kawasan perkotaan. Seperti pedestrian di perkotaan dan juga di kecamatan, termasuk penyediaan air bersih bagi warga yang belum terjangkau oleh PDAM. “Juga penanganan banjir,” tambahnya.

Bidang Bina Marga, menyiapkan infrastruktur transportasi, baik jalan atau jembatan. “Saat ini, baru 53 persen jalan dari total panjang jalan 630 kilometer yang sudah dihotmix,” terang mantan Kabid Bina Marga ini.

Hotmix jalan tidak hanya di perkotaan saja, akan tetapi juga di pedesaan, sehingga tidak ada disparitas antara kota dan desa. “Pada prinsipnya, Dinas PUPR mendukung program pemerintah dalam memperlancar akses ekonomi, wisata, dan lainnya, dengan berkoordinasi bersama dinas terkait,” pungkas Muhtar.  ** (ADV)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Berita Terkait