Selasa, 25 Juni 2024

Pak Bhabin Desa Dadi Selamatkan Emak yang Mau Bunuh Diri

Plaosan – Aksi heroik dilakukan Aipda Yudhi Hariyono, anggota Bhabinkamtibmas Desa Dadi, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Anggota Polsek Plaosan ini menggagalkan emak-emak yang hendak mengakhiri hidupnya. Emak itu berinisial SG, 40, warga Dusun Ngwolo, Desa Dadi.

Cerita itu bermula ketika Aipda Yudhi mendapatkan informasi dari kepala Dusun Ngwolo bahwa ada warga yang hendak berbuat nekat hendak bunuh diri pada hari Senin (13/3/2023).

Dia pun terpanggil dab bergegas menuju kediaman SG. Aipda Yudhi mendapati jika perempuan 40 tahun itu sudah naik ke kandang setinggi tiga meter.

Tali tambang sudah dikalungkan di leher. Ia juga siap melompat. Aipda Yudhi segera membujuk, merayu “SG” agar tenang serta mau turun serta mencurahkan isi hatinya (curhat) padanya.

Kira-kira sekitar 20 menit berdialog. Akhirnya, tali yang melingkar pada lehernya ibu itu sudah mau untuk dilepas. Setelah itu, ia ikut naik membujuk supaya mau turun.

“Setelah mau dan turun kemudian dia saya minta curhat ke kami, apa yang sebenarnya menjadi masalah di keluarganya,” kata Aipda Yudhi saat ditemui di Polsek Plaosan, Senin (13/3/2023).

Setelah mau bercerita, rupanya ada masalah keluarga yang bermula dari faktor ekonomi, Saat kejadian suami “SG” sedang tidak di rumah, bekerja dan tidak tahu kejadiannya.

Demikian pula putra semata wayang mereka tengah bekerja di Kalimantan. Sementara, “SG” di rumah bersama ibu mertuanya yang disinyalir hubungan tidak baik-baik saja.

“Saat ini yang bersangkutan sudah bisa tenang dan kondisinya sudah agak stabil. Namun, kami tetap pantau perkembangan psikologisnya,” katanya.

Terpisah, Kapolres AKBP Muhammad Ridwan melalui Kasi Humas AKP Budi Kuncahyo membenarkan jika salah satu anggota Bhabinkamtibmas Polres Magetan yang bertugas di wilayah Desa Dadi, Plaosan berhasil menggagalkan emak-emak yang hendak gantung diri.

“Dengan upaya yang juga tetap mengutamakan keselamatan, anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa Dadi berhasil menggagalkan warga yang hendak gantung diri,” kata Kuncahyo.

AKP Budi Kuncahyo mengimbau agar masyarakat selalu memperhatikan kondisi keluarganya. Sekiranya, bagi yang merasa ada uneg-uneg agar bisa terbuka menceritakan kondisinya pada anggota keluarga yang lain agar bisa terhindar dari upaya bunuh diri. (mif/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Pilkada Magetan, PAN Pastikan Jalan dengan Demokrat

Magetan – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Magetan memastikan...

Maju Pilkada Magetan, Nur Sodiq Sudah Daftar Cabup di Partai Gerindra

Magetan - Mohamad Nur Sodiq muncul sebagai wajah baru...

Direktur TWC Dikabarkan Maju Pilkada Magetan, Berikut Penjelasannya

Magetan – Setelah ada stagnasi perpolitikan pascapendaftaran cabup/cawabup, muncul...

Buka Komunikasi Politik, Kandidat Calon Bupati Magetan Nur Sodiq Temui Dua Ketua Partai

Magetan – Pelan-pelan, salah satu kandidat calon bupati Magetan...

Hari Raya Idul Adha, Nur Sodiq Pulkam, Kunjungi Pondok dan Berkurban

Magetan – Momentum Idul Adha 1445 H menjadi waktu...

Berita Terbaru

Jeneng, Jenang, dan Jaringan

DUA bulan lagi, pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil...

Pakai Anggaran Pusat, DPUPR Magetan Perbaiki Jalan Maospati-Bendo Mulai Juli

Magetan – Dinas PUPR Magetan akan memperbaiki jalan sepanjang...

Tepis Nyalon, Ketua AKD Magetan: AKD akan Ambil Peran untuk Sukseskan Pilkada 2024

Magetan – Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Magetan bertekad...

Popular Categories