Selasa, 25 Juni 2024

Pesan Bupati Magetan pada Netizen, Etika di Dunia Maya Sama dengan Dunia Nyata

Magetan – “Salah satu falsafah yang kita bawa adalah etika di dunia maya juga etika dalam dunia nyata.” Bupati Suprawoto mengingatkan pada masyarakat Magetan agar bijak dalam menggunakan media sosial (medsos).

Hal ini diutarakan bupati saat Ngobrol Bareng Netizen bertema “Jaga Magetan dengan Jarimu” di Dapur Lintang Jl. Samudera Magetan, Kamis (11/05/2023).

Diskusi menjelang pesta demokrasi, Pilpres juga Pileg 2024 itu, digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Magetan.

Suprawoto juga mengajak para penggiat media sosial menciptakan kondusivitas, ketertiban, dan keamanan. Sekaligus menegaskan bahwa Pemkab Magetan tidak anti kritik.

“Dengan dialog seperti ini akan ada feedback dari berbagai elemen masyarakat. Apabila dapat masukan dan kritik, kami berterima kasih karena sebagai kaca untuk kami,” ujar bupati.

Menurut dia, Magetan akan dijadikan sebagai kolam besar atau kecil, semua itu ergantung pada masyarakatnya.

“Magetan ini tergantung kepada kita semua. Bagaimana cara kita membuat Magetan jadi kolam yang besar, Kabupaten yang kumandang atau kolam yang kecil, tentunya tergantung SDM-nya,” terang bupati.

Ngobrol gayeng juga dihadiri Dandim 0804 Magetan Dandim 0804 Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya. Menurut dia, dampak yang ditimbulkan oleh medsos, yang bisa berefek positif sekaligus negatif.

Dandim juga menjelaskan tentang paradigma medsos serta perubahan perilaku masyarakat yang ditimbulkan. “Karena itu, menjadi tugas bersama untuk menciptakan kondusifitas, ketertiban, dan keamanan di Magetan menjelang pelaksanaan Pemilu 2024,” kata Dani.

Kapolres Magetan yang diwakili Kanitpidsus Polres Magetan Ipda Dedi Norawan Rezqiaji mengatakan, agar netizen ikut serta menjaga kondusivtas di Magetan. “Gunakan media sosial yang baik. Saring lebih dulu sebelum di-share.”

Ketua KPK RI periode 2015-2019 Agus Rahardjo berpesan, agar menggunakan jari dalam bermedsos dengan baik, saring berita yang didapat, jangan langsung disebarkan. “Begitu di-share dan tidak sesuai dengan kenyataan maka bisa menimbulkan masalah yang besar.”

Ngobrol Bareng Netijen “Jaga Magetan dengan Jarimu” tersebut dihadiri oleh amin penggiat media sosial, komunitas YouTuber, Magetan Creative Hub juga Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Kepala Diskominfo Cahaya Wijaya mengatakan, saat ini, banyak berita hoaks dan ujaran kebencian beredar di medsos. Sehingga, berpotensi menimbulkan perpecahan.

“Karena itu, kami mengajak pada warganet untuk cerdas serta bijak dalam bermedsos. Jangan mudah percaya dengan semua yang didapat dari dunia maya. Mari jaga Magetan dengan jarimu,” ajak Kepala Diskominfo. (mif/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Pilkada Magetan, PAN Pastikan Jalan dengan Demokrat

Magetan – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Magetan memastikan...

Maju Pilkada Magetan, Nur Sodiq Sudah Daftar Cabup di Partai Gerindra

Magetan - Mohamad Nur Sodiq muncul sebagai wajah baru...

Direktur TWC Dikabarkan Maju Pilkada Magetan, Berikut Penjelasannya

Magetan – Setelah ada stagnasi perpolitikan pascapendaftaran cabup/cawabup, muncul...

Buka Komunikasi Politik, Kandidat Calon Bupati Magetan Nur Sodiq Temui Dua Ketua Partai

Magetan – Pelan-pelan, salah satu kandidat calon bupati Magetan...

Hari Raya Idul Adha, Nur Sodiq Pulkam, Kunjungi Pondok dan Berkurban

Magetan – Momentum Idul Adha 1445 H menjadi waktu...

Berita Terbaru

Jeneng, Jenang, dan Jaringan

DUA bulan lagi, pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil...

Pakai Anggaran Pusat, DPUPR Magetan Perbaiki Jalan Maospati-Bendo Mulai Juli

Magetan – Dinas PUPR Magetan akan memperbaiki jalan sepanjang...

Tepis Nyalon, Ketua AKD Magetan: AKD akan Ambil Peran untuk Sukseskan Pilkada 2024

Magetan – Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Magetan bertekad...

Popular Categories